Kota Malang (MAN 2) — Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh peserta didik MAN 2 Kota Malang. Melalui ajang bergengsi Nasional tahunan OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) yang diikuti oleh berbagai sekolah tingkat SMA/MA dari penjuru Indonesia. Safira Nasywa Mujahidah siswa kelas XII MIPA 8  sukses membawa nama MAN 2 Kota Malang meraih prestasi membanggakan dengan memperoleh medali Emas, setelah diumumkan secara resmi pada Penutupan dan Penganugerahan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) Tahun 2022  Jum’at sore (25/11/22) kemarin melalui Daring.

Kompetisi yang digelar oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi merupakan kompetisi bergengsi rutin yang diselenggarakan setiap tahun. Pada OPSI kali ini MAN 2 Kota Malang berhasil meraih Medali Emas bidang MST (Matematika, Sians, dan Teknologi). Hal ini memperkuat tradisi juara OPSI yang sudah diukir oleh MAN 2 Kota Malang dari tahun-tahun sebelumnya. Tema yang ditetapkan pada OPSI Tahun 2022 adalah Inovasi Potensi Lokal untuk Pemulihan Indonesia dan Dunia dalam Bidang Ekonomi Hijau, Ekonomi Biru, Kesehatan Global, Transformasi Digital, dan Energi yang Berkelanjutan.

Ketua Tim Olimpiade dan KIR MAN 2 Kota Malang Dra. Wulaidah menjelaskan bahwa pada prosesnya, OPSI 2022 meliputi beberapa tahapan. Dimulai dengan seleksi proposal dengan total belasan ribu proposal yang mengikuti ajang OPSI tahun ini dilanjutkan dengan proses pengerjaan penelitian selama 2 bulan.

“Puji syukur Alhamdulillah, sebetulnya ada 3 judul penelitian dari MAN 2 Kota Malang yang berhasil lolos babak final yang diselengarkan selama 22-25 November 2022, pada hari pengumuman, meskipun hanya Safira Nasywa Mujahidah siswa kelas XII MIPA 8 yang berhasil memperoleh Medali Emas bidang MST tetap patut disyukuri prestasi luar biasa peserta didik kita.” Ujar Hj. Wulaidah.

Menurut beliau, bahwa penelitian yang dibawa oleh delegasi MAN 2 Kota Malang, berjudul “ALGR01: Sel Baterai Ion-Aluminium Katoda Grafena Polyethylene Terephthalate Mewujudkan Era Mobil Listrik yang Lebih Baik”.

“ Bersyukur sekali bahwa penelitian ini berhasil mengalahkan peserta dari berbagai sekolah di Indonesia, Prestasi ini tidak terlepas kolaborasi yang padu antara civitas akademika MAN 2 Kota Malang yaitu stakeholder, guru, pembina dan alumni yang terus melakukan pelatihan intensif dalam beberapa tahun terakhir.” Ucap beliau.

Sementara itu Kepala Madrasah Drs. H. Mohammad Husnan, M.Pd mengungkapkan rasa syukurnya dan menyampaikan bahwa prestasi ini menunjukkan komitmen MAN 2 Kota Malang dalam mempertahankan prestasi di bidang akademik secara serius untuk mewujudkan generasi unggul. Diharapkan pencapaian ini menjadi motivasi setiap insan pendidikan supaya terus giat belajar demi meraih masa depan yang gemilang.

” Kami bersyukur alhamdulillah dengan prestasi yang membanggakan ini, tentunya tidak lepas dari kerja keras anak-anak, bimbingan pendamping, juga dukungan semua pihak, khususnya ananda Safira yang dapat meraih Emas di ajang OPSI tahun 2022 ini, kami sampaikan, Selamat dan terima kasih kepada semua pihak yang sudah ikut terlibat raihan prestasi ini, Semoga prestasi ini menjadi motivasi untuk terus berprestasi dan memotivasi peserta didik lainnya untuk berprestasi di berbagai ajang perlombaan yang lainya,” Ucap Kamad. (Tim Humas)

.

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait